Sabtu, 17 November 2012

9 Negara dengan Prakiraan Usia Harapan Hidup Tinggi

CIA World Factbook (2011)
Usia yang panjang tentu menggambarkan usia harapan hidup seseorang yang lebih baik. Dengan usia yang panjang dapat diperkirakan ada peran kondisi kesehatan yang lebih terjamin, lingkungan yang sehat, sosial kemasyarakatan yang aman, terjamin, dan faktor-faktor pendukung alami lainnya selain peran faktor genetika, gizi, makanan, pola hidup, rendahnya paparan bahan pencemar, serta kematangan psikologis sehingga lebih seseorang secara alami menjadi lebih kuat/siap menghadapi tekanan hidup (tingkat stres).

Faktor-faktor pendukung usia panjang yang saya sebut diatas tentunya masih sebatas asumsi dan memerlukan penelitian/kajian lebih lanjut. Namun demikian data faktual usia panjang pada suatu negara atau bangsa setidaknya dapat menunjukkan fenomena lebih terjaminnya aspek kesehatan, sosial budaya, politik, keamanan, infrastruktur, layanan publik dan aspek lainnya dibanding dari negara-negara yang memiliki tingkat usia harapan hidup lebih rendah. Hal ini tidak terlepas dari sifat dasar manusia yang akan selalu berusaha mempertahankan hidupnya dengan seluruh kemampuan dan fasilitas yang dimilikinya.

Semakin banyak kemampuan yang dimiliki dan semakin lengkap dukungan fasilitas baik yang bersifat dukungan dari lingkungan alaminya maupun bantuan peralatan buatan manusia jelas akan lebih siap dan mampu mempertahankan kehidupannya secara individual maupun kolektif (bersama-sama). Terlebih jika kepentingan melindungi kehidupan manusia sebagai bagian hak asasi telah diberikan jaminan oleh hukum dan perangkat pranata sosial suatu negara secara kuat dan terstruktur menjadi bagian dari sistem baik di pemerintah, masyarakat maupun dalam kelompok yang lebih kecil sifatnya.

 
Daftar 9 Negara Teratas dengan Usia Harapan Hidup Tingg
Lalu negara mana saja yang memiliki warga dengan usia rata-rata harapan hidup lebih tinggi dibanding rata-rata usia harapan hidup warga dunia? Dalam tulisan ini akan saya sajikan data dari CIA World Factbook (perkiraan 2011) yang dimuat dalam laman wikipedia.org, dengan menyajikan 9 peringkat teratas dari 223 negara-negara yang mempunyai warga berusia harapan hidup tinggi dibanding rata-rata usia harapan hidup negara-negara lainnya dan lebih tinggi dibanding rata-rata usia harapan hidup warga dunia.

Sembilan negara itu adalah :
1.  Monako, dengan usia harapan hidup rata-rata untuk keseluruhan warganya sebesar 89,73 tahun. Untuk laki-lakinya sebesar 85,77 tahun sedangkan untuk wanitanya lebih tinggi yakni sebesar 93,84 tahun.

2. Makau, dengan usia harapan hidup rata-rata untuk keseluruhan warganya sebesar 84,41 tahun. Untuk laki-lakinya sebesar 81,45 tahun, sedangkan untuk wanitanya lebih tinggi yakni sebesar 87,52 tahun.

3. San Marino, dengan usia harapan hidup rata-rata untuk keseluruhan warganya sebesar 83,01 tahun. Untuk laki-lakinya sebesar 80,5 tahun, sedangkan untuk wanitanya lebih tinggi yakni sebesar 85,75 tahun.

4. Andorra, dengan usia harapan hidup rata-rata untuk keseluruhan warganya sebesar 82,43 tahun. Untuk laki-lakinya sebesar 80,35 tahun, sedangkan untuk wanitanya lebih tinggi yakni sebesar 84,64 tahun.

5. Jepang, dengan usia harapan hidup rata-rata untuk keseluruhan warganya sebesar 82,25 tahun. Untuk laki- lakinya sebesar 78,96 tahun, sedangkan untuk wanitanya lebih tinggi yakni sebesar 85,72 tahun.

6. Singapura, dengan usia harapan hidup rata-rata untuk keseluruhan warganya sebesar 82,14 tahun. Untuk laki-lakinya sebesar 79,53 tahun, sedangkan untuk wanitanya lebih tinggi yakni sebesar 84,96 tahun.

7. Hong Kong, dengan usia harapan hidup rata-rata untuk keseluruhan warganya sebesar 82,04 tahun. Untuk laki-lakinya sebesar 79,32 tahun, sedangkan untuk wanitanya lebih tinggi yakni sebesar 84,97 tahun.

8. Australia, dengan usia harapan hidup rata-rata untuk keseluruhan warganya sebesar 81,81 tahun. Untuk laki-lakinya sebesar 79,4 tahun, sedangkan untuk wanitanya lebih tinggi yakni sebesar 84,35 tahun.

9. Kanada, dengan usia harapan hidup rata-rata untuk keseluruhan warganya sebesar 81,38 tahun. Untuk laki-lakinya sebesar 78,81 tahun, sedangkan untuk wanitanya lebih tinggi yakni sebesar 84,1 tahun.

 

Dari kesembilan negara tadi sangat tinggi angka rata-rata usia harapan hidup warganya bila dibandingkan dengan rata-rata usia harapan hidup warga dunia keseluruhan yang hanya sebesar 65,57 tahun. Untuk laki-lakinya sebesar 64,52 tahun dan perempuann sebesar 68,76.

Zwaziland menjadi negara terendah untuk angka harapan hidup warganya yakni rata-rata usia harapan hidup warganya sebesar 31,88. Angka ini disebabkan di negara tersebut memiliki tingkat kematian tinggi akibat HIV/AIDS. Swaziland juga mengalami perekonomian yang buruk di benua Afrika dan masuk daftar negara di benua Afrika yang ekonominya buruk.

Seluruh angka yang terpampang pada data tersebut jelas menunjukkan bahwa usia harapan hidup kaum wanita lebih tinggi dibanding kaum laki-lakinya. Jadi nikmatilah hidup dengan lebih bermanfaat dan lebih berbahagia hingga usia senja secara sehat dan terjamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar